Mengetahui Penyakit Via Internet, Kenapa Tidak?

Zaman era digital sekarang memang serba instan. Apa yang mau kita ketahui tinggal ambil HP, ketak ketik, maka keluarlah jawaban yang kita inginkan. Apa saja dari mulai hal agama, infotaimen, bisnis, blog, hiburan, kesehatan dan banyak lainnya.

Tapi memang mencari info di Google harus bersikap bijak, tidak menelan mentah-mentah, agar tidak fatal atau salah jalan. Contoh, dalam mengetahui penyakit yang kita derita, ga ada salahnya mencari info awal dari Google.

Saya sendiri termasuk orang yang mencari tahu segala sesuatunya di internet, termasuk tentang kesehatan saya dan keluarga.

Seperti tiga hari yang lalu saat anak saya sakit. Gejala tubuh anak saya dipenuhi ruam merah dan meninggalkan luka.

Kebiasaan saya memang paling malas ke dokter. Saya selalu menunda-nunda, dengan mencari solusi berobat herbal terlebih dahulu. Dan biasanya Alhamdulillah sembuh.

Gimana ya jujur saya ga nyaman dengan obat medis, makanya sangat jarang saya dan keluarga berobat ke dokter.

Kembali ke bahasan, saya coba buka internet dan menelusuri Google, mencari informasi apa penyakit anak saya. Saya masuki link-link terpercaya seperti situs halodoc, alodokter, klikdokter, detikhealth dan situs kesehatan lainnya.

Hasilnya, ditemukan penyakit kulit pada anak yaitu: cacar air, Campak, Roseola, Herpes, Impetigo, Alergi, Biduran, dan lainnya.

Saya simak penjelasan gejala-gejalanya di situs-situs tadi dan saya bandingkan dengan gejala pada anak saya. Akhirnya saya tiba pada kesimpulan bahwa anak saya terkena Impetigo. Awalnya saya menduga cacar atau campak tapi anak saya tidak ada gejala demam.

Berhubung ruam merah dan luka pada anak saya semakin menyebar ke tubuh lainnya, dengan terpaksa kami membawanya ke dokter. Bukan tak percaya herbal, proses penyembuhannya melalui herbal itu lama dan saya kasihan melihat si kecil dengan kondisi seperti itu.

Benar ternyata, diagnosa dokter adalah Impetigo. Tepat sesuai dugaan saya. Ada rasa bangga juga bisa tepat menganalisa seperti ini.

Kejadian ini bukan hanya sekali, tapi di setiap situasi saya sering bertanya kepada Google tentang masalah kesehatan saya. Bukan hanya masalah kesehatan tapi juga masalah agama dan lainnya. Ya Alhamdulillah analisa saya biasanya tidak jauh berbeda dengan faktanya. Diakui internet juga banyak membantu memberi informasi / mencerahkan.

Kesimpulan:

Tidak ada salahnya bertanya / mencari di internet dalam hal ini tentang masalah kesehatan kita. Mungkin kita belum punya waktu untuk ke dokter, atau memang biaya lagi tidak mendukung. Mungkin ada alternatif penyembuhan lain selain medis. Ya, banyak kan pengobatan non medis (herbal) seperti mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Dan internet memberi informasi tentang itu.

Hanya saja bertanya kepada internet jangan terfokus hanya pada satu informasi. Cari informasi lainnya sebanyak-banyaknya sebagai pembanding dan penguat.
Misalnya: Buah Bit bisa untuk menurunkan hipertensi dan meredakan sesak nafas. Nemu info kayak gini, jangan langsung ditelan, tapi cari info lainnya, benar tidak faktanya? Dan juga cari info efek samping dari buah ini, apakah aman bagi sakit yang anda derita atau aman dikonsumsi dengan herbal dan obat kimia lainnya?
Dan yang lebih penting cari informasinya di situs-situs terpercaya. Dan siapkan mental untuk tidak stres.

Demikian pengalaman saya, semoga ada manfaatnya. Selamat mencoba..

Difan

Menulis itu bukan karena kita tahu banyak, tapi karena banyak hal yang ingin kita tahu

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan sopan dan santun

Previous Post Next Post